1. Jelaskan yang dimaksud Manajemen Pemasaran Internasional dan beserta contohnya !
Manajemen Pemasaran internasional adalah Pemasaran yang kegiatannya melewati batas-batas lebih dari satu negara atau ruang lingkup domestik.
Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.
Contoh : PT. Indofood yang produk Indomie nya sudah memasuki pasar internasional yakni negara-negara seperti Belanda, Singapura, Australia dan Malaysia.
2. Jelaskan seberapa penting peranan budaya dalam pemasaran global dan berikan contohnya !
Pemasar internasional harus mengetahui
pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang akan
dihadapi akibat adanya aspek busaya ini. Hal ini karena setiap daerah dan batas
wilayah memiliki budaya yang berbeda-beda. Sehingga Dalam membuat produk,
budaya merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi karakteristik produk
tersebut. Hal ini juga didasarkan pada perilaku pembelian dan kebutuhan
konsumen didorong oleh norma-norma budaya. Latar belakang budaya juga
mempengaruhi konsumen dalam mengolah informasi dan faktor yang memotivasi
konsumen dalam melakukan pembelian. Perusahaan yang melakukan bisnis global
berarti berhubungan dengan konsumen, mitra strategis, distributor dan pesaing
dengan pola pikir budaya yang berbeda.
Contoh : Bagaimana Mc Donald menyesuaikan budaya makan di setiap-setiap negara sehingga, Mc Donald menyesuaikan menu yang ada di gerai-gerai mereka dengan budaya makan di negara tertentu.
3. Perencanaan strategis apa yang cocok untuk UKM dalam menghadapi tantangan pasar global ?
Perencanaan strategis yang tepat dan cocok untuk dilakukan oleh UKM atau perusahaan kecil menengah di Indonesia dalam menghadapi tantangan pasar global adalah investasi untuk tumbuh (invest to grow ), dimana merupakan sebuah strategi pasar yang offensive untuk menginvestasikan sumber daya pemasaran untuk pengembangan pasar atau posisi produk dipasaran. Dalam menghadapi tantangan global, UKM atau perusahaan kecil/sedang berkembang, seharusnya menganalisis beberapa faktor yangdapat meningkatkan keunggulan kompetitif produknya di pasaran, yaitu ditinjau dari segi diferensiasi produk dan pasar, keunggulan biaya serta keunggulan pemasaran.Beberapa faktor utama yang membentuk keunggulan kompetitif dari suatubisnis, antara lain :
- Keunggulan
diferensiasi pasar, yang meliputi peningkatan kualitas produk,pelayanan, dan brand
image.
- Intensitas
persaingan pasar, yang meliputi biaya unit, biaya transaksiserta pengeluaran
pemasaran.
- Akses pasar, yang meliputi pangsa pasar,
penghargaan, merek dandistribusi.
Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat bertahan dan secara perlahan akan terus berkembang dan dapat memantapkan posisinya dalam persaingan pasar.
4. Tahap - tahap menjadi pemasar internasional !
1. No Foreigen MarketingPerusahaan sudah berhubungan dengan dunia Internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan, atau atas usaha eksportir.
2. Infrequent foreigen MarketingPerusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar
negeri tetapi jika hanya mempunyai surplus produksi. Apabila pasar domestik
masih mampu menanganinya, kegiatan ini akan ditinggalkan. Pada tahap ini belum
ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar Internasional.
3. Reguler foreigen MarketingProdusen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan
produknya ke pasar asing melalui penyalur domestik atau distributor asing.
Tujuannya untuk melakukan ekspansi pasar domestik dan sudah mulai untuk
memahami kebutuhan maupun keinginan pasar Internasional.
4. Global Marketing Operationspada fase ini, produsen benar-benar telah terlibat
dengan dunia Internasional secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas
pemasaran saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun
organisasi bersaing dipasar dunia.
5. Pengaruh e-marketing pada pemasaran global !
Perkembangan teknologi informasi
saat ini sangat berkembang pesat. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar
memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Banyaknya competitor
menjadi pertimbangan bagi para pengusaha untuk masuk dalam persaingan yang
sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa
meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan
profit.
Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Mereka sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/tradisional beralih ke pemasaran modern yaitu digital marketing. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat ini yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.
sumber :
http://tafanrussuardi.blogspot.com/ https://kuliahmarket.wordpress.com/2015/08/27/latihan-quiz-uas-manajemen-pemasaran/ https://www.academia.edu/9363697/SOAL_and_JAWABAN_PRESENTASI_PEMASARAN _STRATEGIK http://septianwicakso.blogspot.com/2016/04/1.html https://lp2m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/7.-JURNAL-THERESIA-JIBEKA-VOL- 11-NO-2-FEB-2017.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar