Sabtu, 17 November 2018

ANALISIS PT MAYORA INDAH TBK

PROFIL PERUSAHAAN

Nama Perusahaan
:
PT. Mayora Indah Tbk.
Alamat Kantor
:
Gedung Mayora Group Headquarter
Jl. Daan Mogot KM. 18
Cengkareng, Jakarta 11840 – Indonesia
Alamat Pabrik
:
PT. Mayora Indah Tbk.
Jl. Telesonik, Jatake, Tangerang
PT. Torabika Eka Semesta
Jl. Raya serang Km. 12,5 Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Tangerang
PT. Kakao Mas Gemilang
Jl. Daan Mogot Km 19,
Batuceper, Tangerang
No. Telp
:
(021) 565 5322
No. Fax
:
(021) 565 5323
Email
:

Riwayat Singkat Perusahaan
PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang. Menjadi perusahaan publik pada tahun 1990. Kegiatan Usaha serta jenis produk yang dihasilkan sesuai dengan Anggaran Dasarnya, kegiatan usaha Perseroan diantaranya adalah dalam bidang industri. Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. memproduksi dan memiliki 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi.

Divisi
Merek Dagang
Biskuit
Roma, Danisa, Royal Choice, Better, Muuch Better, Slai O’Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy, Chees’kress
Kembang Gula
Kopiko, Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Kis, Tamarin, Juizy Milk
Wafer
Beng Beng, Beng Beng Maxx, Astor, Astor Skinny Roll, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju
Coklat
Choki-choki
Kopi
Torabika Duo, Torabika Duo Susu,  Torabika Jahe Susu, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappuccino, Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko White Mocca
Makanan Kesehatan
Energen Cereal, Energen Oatmilk, Energen Go Fruit
 
Di Indonesia, Perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing.

Produk-produk hasil inovasi Perseroan tersebut diantaranya:

Permen Kopiko, pelopor permen kopi
Astor, pelopor wafer stick
Beng Beng, pelopor wafer caramel berlapis coklat
Choki-choki, pelopor coklat pasta
Energen, pelopor minuman cereal
Kopi Torabika Duo dan Duo Susu, pelopor coffee mix

Hingga saat ini, Perseroan tetap konsisten pada kegiatan utamanya, yaitu dibidang pengolahan makanan dan minuman. Sesuai dengan tujuannya, Perseroan bertekad akan terus menerus berupaya meningkatkan segala cara dan upaya untuk mencapai hasil yang terbaik bagi kepentingan seluruh pekerja, mitra usaha, pemegang saham, dan para konsumennya.

VISI & MISI
  • Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
  • Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.
  • Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

A.      DESAIN PRODUK
  1. Wafer dan Coklat


Divisi wafer Mayora memiliki beberapa produk unggulan yang di Indonesia menjadi pelopor dalam kategorinya.
“beng beng’ merupakan wafer berlapis coklat hasil produksi Mayora yang menjadi pelopor dalam kategori wafer berlapis coklat dengan 4 kelezatan dalam setiap gigitannya karena berlapis karamel dan crispy.
“Astor” juga merupakan pelopor dalam kategori “wafer roll”.
Sementara “Roma wafer coklat” adalah eksistensi dari “Roma Superman” pada tahun 1970an yang masih eksis hingga saat ini.
Pada tahun 2015, telah dipasarkan juga Roma wafer coklat dan Roma wafer vanila.
“Choki Choki” juga merupakan produk pelopor dalam kategori coklat pasta
Semua produk Cokelat Mayora terbuat dari cokelat asli sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi.

WAFER

NO
MERK BARANG
GAMBAR
1
Beng-beng
2
Beng-beng Maxx
3
Astor
4
Astor Skinny Roll
5
Roma Wafer Coklat
6
Roma Zuperr Keju

 COKLAT

MERK DAGANG
GAMBAR
Choki- choki


2. BISKUIT ROMA



 “Roma” adalah salah satu merek dagang hasil produksi Mayora yang telah melegenda. Setelah 4 dasawarsa, merek “Roma” tetap eksis dan terus berkembang. Selain dalam varian Marie dan Roma Kelapa, kini “Roma” juga hadir dalam berbagai varian produk diantaranya adalah Roma Slai O’lai, Roma Slai O Lai Twice, Roma Better, Roma Muuch Better, Roma Sari Gandum, Roma Sari Gandum Sandwich, Roma Wafer Vanila, Roma Wafer Coklat, Roma Cookies Peneaple, Roma Cookies Coklat, dan sebagainya.

No
MERK DAGANG
GAMBAR PRODUK
1
Roma
2
Danisa
3
Royal Choice
4
Better
5
Muuch Better
6
Slai O’lai
7
Sari Gandum
8
Sari Gandum Sandwich
9
Coffeejoy
10
Chees’kress

 3.      Kembang Gula


Kopiko
Tiga dasawarsa yang lalu, PT. Mayora Indah membuat terobosan dengan meluncurkan “Kopiko” kembang gula yang terbuat dari gula dan kopi asli. Kopiko merupakan pelopor dalam varian permen kopi dengan tagline “Kopiko gantinya ngopi”. Saat ini “Kopiko” telah dieksport kelima benua yang ada didunia.
KIS
Melalui kemasan “emoticon pack” kembang gula dengan merek dagang KIS yang diproduksi oleh Mayora menjalin ikatan yang kuat dengan para konsumen, terutama yang ingin menyampaikan perasaannya dengan kata kata yang tercetak pada kemasan KIS.
Merk Lain
Merek dagang lain yang diproduksi Mayora divisi kembang gula adalah Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Tamarin, Juizy Milk, dan yang terbaru adalah KIS Chewy.

NO
MERK DAGANG
GAMBAR  PRODUK
1
Kopiko
2
Kopiko Milko
3
Kopiko Cappucino
4
KIS
5
Tamarin

4. Makanan Sehat


Sejak peluncuran pertama, Energen ditargetkan untuk menjadi pemimpin pasar dalam kategori Cereal Mix. berdasarkan data Nielsen Retail Audit YTD Sep 2011  pangsa pasar Energen mencapai 93%.
Saat ini Energen Cereal hadir dengan 4 pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai selera, yaitu Energen Vanila, Energen coklat, Energen kacang hijau dan Energen jahe.
Disamping itu, ada pula Energen Oat Milk dengan potongan buah pisang atau buah berry asli.
Varian Energen yang terbaru adalah Energen Go Fruit, campuran cereal dengan potongan buah asli dengan berbagai rasa yang dapat dipilih.

NO
MERK DAGANG
GAMBAR
1
Energen Cereal
2
Energen Oatmilk
3
Energen Go Fruit

 5. Kopi


Racikan yang pas antara kopi dengan gula dengan merek dagang “Torabika Duo” yang diperkenalkan kepada masyarakat diawal tahun1990an adalah salah satu inovasi kami yang menjadi pelopor dibidang coffee mix. Disusul kemudian dengan kehadiran Kopi Torabika Duo Susu yang pada saat ini rasanya semakin sempurna dan semakin disukai oleh masyarakat pecinta kopi.
Dalam perkembangannya, kini Torabika memiliki banyak varian produk, diantaranya adalahTorabika Jahe Susu, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Diet, Torabika Cappuccino dan yang terbaru adalah Torabika Creamy dengan kemasan gula terpisah agar dapat disajikan dengan rasa manis sesuai selera penikmatnya. Disamping itu juga ada kopi dengan merek dagang Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, dan Kopiko White Mocca.

NO
MERK DAGANG
GAMBAR
1
Torabika Duo
2
Torabika Duo Susu Full Cream
3
Torabika Moka
4
Torabika 3 in 1
5
Torabika Cappuccino
6
Torabila Jahe Susu
7
Kopiko White Coffee
8
Kopiko Brown Coffee


9
Kopiko White Mocca

B.      DISTRIBUSI PRODUK
Sejak sebelum menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 hingga saat ini, PT. Mayora Indah menjalin kerjasama dengan PT. Inbisco Niagatama Semesta selaku distributor tunggal, untuk pasar domestik.
Dalam meningkatkan penjualan produksinya PT Mayora,Tbk memasarkan suatu produknya ke konsumen lewat sebuah perantara. PT Mayora Indah,Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggan. Saluran distribusi ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT Mayora Indah,Tbk  dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat menjangkau pasar dengan sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terkendali. Seperti penjualan salah satu merk dagang produksi PT Mayora Indah,Tbk yaitu energen. PT.Mayora Indah  menjual energen kepada konsumen segmen 1 lewat perantara rumah sakit. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat dikonsumsi ketika sakit. Pada konsumen segmen dua, PT Mayora Indah,Tbk menjual energen lewat perantara tempat-tempat perkantoran yang menyediakan fasilitas minuman untuk sarapan bagi pegawainya. Saat ini, perusahaan memiliki sekitar 500 distributor di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia. Namun masih memperluas jaringan distribusi di seluruh dunia.

           C.      STRATEGI IKLAN
PT Mayora Indah Tbk. menggunakan positioning strategi ini misalnya dalam mengiklan-kan produknya contohnya beng-beng yang ditujukkan kepada remaja berdasarkan lagu Peri Cintaku-Marcell yang sedang populer di masa ini begitu juga dengan produk-produk mayora yang lain, mengiklankannya menggunakan model remaja yang sedang populer untuk menarik konsumen agar mereka tertarik membeli produk tersebut.

D.    PROMOSI PENJUALAN  
 Untuk lebih mengenalkan hasil produksi perusahaan PT Mayora Indah,Tbk melakukan promosi melalui beberapa media dan secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah dan diberbagai kegiatan yang sekiranya dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi perusahaan. Media yang digunakan oleh PT Mayora Indah,Tbk  antara lain :
- berita
 - acara
 - video
 - foto
 - iklan

           E.      LAYANAN KONSUMEN
Untuk memudahkan apakah ada pertanyaan mengenai atau ingin menyampaikan informasi, saran dan keluhan kepada pt mayora indah tbk, para konsumen bisa menghubungi layanan konsumen pt mayora indah tbk, maka akan dijelaskan bagaimana prosedur untuk dapat mengadu mengenai informasi, saran, keluhan dan bagaimana proses serta mekanisme penanganannya. Yaitu,dengan cara dapat dilakukan untuk mengadu ke layanan konsumen pt mayora indah tbk adalah melalui telepon, surat, email atau datang lansung.

 Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 2

     A. Maulana (1999) mengungkapkan tentang lima alternatif strategi dalam pemasaran global  yang dikemukakan oleh Keegan (1999) yang meli...