PROFIL PERUSAHAAN
Nama Perusahaan
|
:
|
PT. Mayora Indah Tbk.
|
Alamat Kantor
|
:
|
Gedung Mayora Group Headquarter
|
Jl. Daan Mogot KM. 18
|
||
Cengkareng, Jakarta 11840 – Indonesia
|
||
Alamat Pabrik
|
:
|
PT. Mayora Indah Tbk.
|
Jl. Telesonik, Jatake, Tangerang
|
||
PT. Torabika Eka Semesta
|
||
Jl. Raya serang Km. 12,5 Desa Bitung Jaya, Kecamatan
Cikupa, Tangerang
|
||
PT. Kakao Mas Gemilang
|
||
Jl. Daan Mogot Km 19,
|
||
Batuceper, Tangerang
|
||
No. Telp
|
:
|
(021) 565 5322
|
No. Fax
|
:
|
(021) 565 5323
|
Email
|
:
|
Riwayat
Singkat Perusahaan
PT.
Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik
pertama berlokasi di Tangerang. Menjadi perusahaan publik pada tahun 1990.
Kegiatan Usaha serta jenis produk yang dihasilkan sesuai dengan Anggaran
Dasarnya, kegiatan usaha Perseroan diantaranya adalah dalam bidang
industri. Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. memproduksi dan memiliki 6
(enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun
terintegrasi.
Divisi
|
Merek Dagang
|
Biskuit
|
Roma, Danisa, Royal Choice, Better, Muuch Better,
Slai O’Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy, Chees’kress
|
Kembang Gula
|
Kopiko, Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Kis,
Tamarin, Juizy Milk
|
Wafer
|
Beng Beng, Beng Beng Maxx, Astor, Astor Skinny Roll,
Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju
|
Coklat
|
Choki-choki
|
Kopi
|
Torabika Duo, Torabika Duo Susu, Torabika Jahe
Susu, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappuccino, Kopiko Brown
Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko White Mocca
|
Makanan Kesehatan
|
Energen Cereal, Energen Oatmilk, Energen Go Fruit
|
Di
Indonesia, Perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi
makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang
sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing
masing.
Produk-produk
hasil inovasi Perseroan tersebut diantaranya:
Permen Kopiko, pelopor permen kopi
|
Astor, pelopor wafer stick
|
Beng Beng, pelopor wafer caramel berlapis coklat
|
Choki-choki, pelopor coklat pasta
|
Energen, pelopor minuman cereal
|
Kopi Torabika Duo dan Duo Susu, pelopor coffee mix
|
Hingga
saat ini, Perseroan tetap konsisten pada kegiatan utamanya, yaitu dibidang
pengolahan makanan dan minuman. Sesuai dengan tujuannya, Perseroan
bertekad akan terus menerus berupaya meningkatkan segala cara dan upaya
untuk mencapai hasil yang terbaik bagi kepentingan seluruh pekerja, mitra
usaha, pemegang saham, dan para konsumennya.
VISI
& MISI
- Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
- Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.
- Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
A.
DESAIN PRODUK
1. Wafer dan Coklat
Divisi wafer Mayora memiliki beberapa produk unggulan
yang di Indonesia menjadi pelopor dalam kategorinya.
“beng
beng’ merupakan wafer berlapis coklat hasil produksi Mayora yang menjadi
pelopor dalam kategori wafer berlapis coklat dengan 4 kelezatan dalam setiap
gigitannya karena berlapis karamel dan crispy.
“Astor”
juga merupakan pelopor dalam kategori “wafer roll”.
Sementara
“Roma wafer coklat” adalah eksistensi dari “Roma Superman” pada tahun 1970an
yang masih eksis hingga saat ini.
Pada
tahun 2015, telah dipasarkan juga Roma wafer coklat dan Roma wafer vanila.
“Choki
Choki” juga merupakan produk pelopor dalam kategori coklat pasta
Semua
produk Cokelat Mayora terbuat dari cokelat asli sehingga menghasilkan produk
berkualitas tinggi.
WAFER
NO
|
MERK
BARANG
|
GAMBAR
|
1
|
Beng-beng
|
|
2
|
Beng-beng Maxx
|
|
3
|
Astor
|
|
4
|
Astor Skinny Roll
|
|
5
|
Roma Wafer Coklat
|
|
6
|
Roma Zuperr Keju
|
COKLAT
MERK
DAGANG
|
GAMBAR
|
Choki- choki
|
2. BISKUIT ROMA
“Roma” adalah
salah satu merek dagang hasil produksi Mayora yang telah melegenda. Setelah 4
dasawarsa, merek “Roma” tetap eksis dan terus berkembang. Selain dalam varian
Marie dan Roma Kelapa, kini “Roma” juga hadir dalam berbagai varian produk
diantaranya adalah Roma Slai O’lai, Roma Slai O Lai Twice, Roma Better, Roma
Muuch Better, Roma Sari Gandum, Roma Sari Gandum Sandwich, Roma Wafer Vanila,
Roma Wafer Coklat, Roma Cookies Peneaple, Roma Cookies Coklat, dan sebagainya.
No
|
MERK DAGANG
|
GAMBAR PRODUK
|
1
|
Roma
|
|
2
|
Danisa
|
|
3
|
Royal
Choice
|
|
4
|
Better
|
|
5
|
Muuch
Better
|
|
6
|
Slai
O’lai
|
|
7
|
Sari
Gandum
|
|
8
|
Sari
Gandum Sandwich
|
|
9
|
Coffeejoy
|
|
10
|
Chees’kress
|
3.
Kembang Gula
Kopiko
Tiga dasawarsa yang lalu, PT. Mayora Indah membuat
terobosan dengan meluncurkan “Kopiko” kembang gula yang terbuat dari gula dan
kopi asli. Kopiko merupakan pelopor dalam varian permen kopi dengan tagline
“Kopiko gantinya ngopi”. Saat ini “Kopiko” telah dieksport kelima benua yang
ada didunia.
KIS
Melalui kemasan “emoticon pack” kembang gula dengan
merek dagang KIS yang diproduksi oleh Mayora menjalin ikatan yang kuat dengan
para konsumen, terutama yang ingin menyampaikan perasaannya dengan kata kata
yang tercetak pada kemasan KIS.
Merk
Lain
Merek dagang lain yang diproduksi Mayora divisi
kembang gula adalah Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Tamarin, Juizy Milk,
dan yang terbaru adalah KIS Chewy.
NO
|
MERK
DAGANG
|
GAMBAR PRODUK
|
1
|
Kopiko
|
|
2
|
Kopiko Milko
|
|
3
|
Kopiko Cappucino
|
|
4
|
KIS
|
|
5
|
Tamarin
|
4. Makanan
Sehat
Sejak peluncuran pertama, Energen ditargetkan untuk
menjadi pemimpin pasar dalam kategori Cereal Mix. berdasarkan data Nielsen
Retail Audit YTD Sep 2011 pangsa pasar Energen mencapai 93%.
Saat
ini Energen Cereal hadir dengan 4 pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai
selera, yaitu Energen Vanila, Energen coklat, Energen kacang hijau dan Energen
jahe.
Disamping
itu, ada pula Energen Oat Milk dengan potongan buah pisang atau buah berry
asli.
Varian
Energen yang terbaru adalah Energen Go Fruit, campuran cereal dengan potongan
buah asli dengan berbagai rasa yang dapat dipilih.
NO
|
MERK
DAGANG
|
GAMBAR
|
1
|
Energen Cereal
|
|
2
|
Energen Oatmilk
|
|
3
|
Energen Go Fruit
|
5. Kopi
Racikan yang pas antara kopi dengan gula dengan merek
dagang “Torabika Duo” yang diperkenalkan kepada masyarakat diawal tahun1990an
adalah salah satu inovasi kami yang menjadi pelopor dibidang coffee mix.
Disusul kemudian dengan kehadiran Kopi Torabika Duo Susu yang pada saat ini
rasanya semakin sempurna dan semakin disukai oleh masyarakat pecinta kopi.
Dalam
perkembangannya, kini Torabika memiliki banyak varian produk, diantaranya
adalahTorabika Jahe Susu, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Moka, Torabika
3 in One, Torabika Diet, Torabika Cappuccino dan yang terbaru adalah Torabika
Creamy dengan kemasan gula terpisah agar dapat disajikan dengan rasa manis
sesuai selera penikmatnya. Disamping itu juga ada kopi dengan merek dagang
Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, dan Kopiko White Mocca.
NO
|
MERK
DAGANG
|
GAMBAR
|
1
|
Torabika Duo
|
|
2
|
Torabika Duo Susu Full Cream
|
|
3
|
Torabika Moka
|
|
4
|
Torabika 3 in 1
|
|
5
|
Torabika Cappuccino
|
|
6
|
Torabila Jahe Susu
|
|
7
|
Kopiko White Coffee
|
|
8
|
Kopiko Brown Coffee
|
|
9
|
Kopiko White Mocca
|
B.
DISTRIBUSI PRODUK
Sejak sebelum menjadi perusahaan
publik pada tahun 1990 hingga saat ini, PT. Mayora Indah menjalin kerjasama
dengan PT. Inbisco Niagatama Semesta selaku distributor tunggal, untuk pasar
domestik.
Dalam meningkatkan penjualan
produksinya PT Mayora,Tbk memasarkan suatu produknya ke konsumen lewat sebuah
perantara. PT Mayora Indah,Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya
dengan kebutuhan pelanggan. Saluran distribusi ini menjadi sumber dari
keunggulan bersaingnya. Sehingga PT Mayora Indah,Tbk dapat memperoleh
banyak pangsa pasar dan dapat menjangkau pasar dengan sasaran yang tersebar
luas. Sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan
cepat dan terkendali. Seperti penjualan salah satu merk dagang produksi PT
Mayora Indah,Tbk yaitu energen. PT.Mayora Indah menjual energen
kepada konsumen segmen 1 lewat perantara rumah sakit. Untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat dikonsumsi ketika sakit. Pada
konsumen segmen dua, PT Mayora Indah,Tbk menjual energen lewat perantara
tempat-tempat perkantoran yang menyediakan fasilitas minuman untuk sarapan bagi
pegawainya. Saat ini, perusahaan memiliki sekitar 500 distributor di
seluruh Indonesia dan di seluruh dunia. Namun masih memperluas jaringan
distribusi di seluruh dunia.
C.
STRATEGI IKLAN
PT
Mayora Indah Tbk. menggunakan positioning strategi ini misalnya dalam mengiklan-kan
produknya contohnya beng-beng yang ditujukkan kepada remaja berdasarkan lagu
Peri Cintaku-Marcell yang sedang populer di masa ini begitu juga dengan produk-produk
mayora yang lain, mengiklankannya menggunakan model remaja yang sedang populer untuk
menarik konsumen agar mereka tertarik membeli produk tersebut.
D. PROMOSI PENJUALAN
Untuk lebih mengenalkan hasil
produksi perusahaan PT Mayora Indah,Tbk melakukan promosi melalui beberapa
media dan secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah dan diberbagai
kegiatan yang sekiranya dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi
perusahaan. Media yang digunakan oleh PT Mayora Indah,Tbk antara
lain :
-
berita
-
acara
-
video
-
foto
-
iklan
E.
LAYANAN KONSUMEN
Untuk
memudahkan apakah ada pertanyaan mengenai atau ingin
menyampaikan informasi, saran dan keluhan kepada
pt mayora indah tbk, para konsumen bisa menghubungi layanan konsumen pt mayora indah tbk,
maka akan dijelaskan bagaimana prosedur untuk dapat mengadu mengenai informasi,
saran, keluhan dan bagaimana proses serta mekanisme
penanganannya. Yaitu,dengan cara dapat
dilakukan untuk mengadu ke layanan konsumen pt mayora indah tbk adalah melalui telepon, surat, email
atau datang lansung.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar